Sabtu, 30 Desember 2017

Budaya Partisipatif (Participatory Culture)


Pengertian

    Budaya partisipatif (Participatory culture) merupakan budaya dimana individu pribadi (publik) tidak bertindak sebagai konsumen saja, tetapi juga sebagai kontributor atau produsen ( prosumers ). Misalnya dalam sebuah Forum kita tidak hanya menjadi konsumen untuk mendapatkan informasi namun juga kita bisa menjadi produsen yang memberikan informasi. Dalam hal ini istilahnya kita tidak hanya menggurui tapi juga berguru karena tidak ada orang yang benar-benar ahli hanya ada orang yang sedikit lebih memiliki skill/informasi daripada orang lain untuk memberikan informasinya. Adapun bagian-bagian dari Budaya partisipatif (Participatory culture) :
  • Mobilitas (Mobility) yaitu mudahnya pengaksesan informasi dengan berbagai macam gadget.
  • Interaktivitas (Interactivity) yaitu fitur-fitur yang membuat kita lebih interaktiv dalam menggunakan gadget.
  • Identitas (identity) yaitu berupa nama, foto, hoby, dan lain sebagainya dalam social media.


Penyebab Budaya Partisipatif (Participatory culture)

      Penyebab timbul budaya tersebut di mulai dari rasa ingin tahu atas semua hal yang terjadi menimbulkan 2 sifat manusia yaitu pasif dan aktif, maka menimbulkan perbedaan orang bersifat aktif lebih tinggi rasa ingin tahu dan melakukan tindakan terhadap hal tersebut, sedangkan orang bersifaf pasif memiliki sifat yang rasa ingin tahu tingah tapi tidak seperti orang aktif.

Dampak positif Budaya partisipatif (Participatory culture)

      Dampak positif akan budaya tersebut menimbulkan karakter yang bagus mulai dari sifat dan logika pemikiran lebih baik berguna dalam melakukan hal atau kegiatan yang sedang berlangsung atau membuat suatu rancangan kegiatannya, menghasilkan karya-karya baru dan berguna. Mendapatkan ataupun memberikan informasi yang cukup baik dan cepat.

Dampak negatif Budaya partisipatif (Participatory culture)

   Kurangnya pengetahuan dengan perkembangan zaman yang terjadi dan menerima informasi secara bulat tanpa memahami terlebih dahulu serta mencari sumber-sumber lain yang valid, nyamannya di zona konsumen dalam suatu hal dan tidak pernah menjadi suatu orang yang berperan dalam suatu kegiatan, interaksi buruk yang terjadi satu sama lain, lemahnya interaksi sosial secara nyata.









Daftar Pustaka :

  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/Participatory_culture
  • Henry Jenkins on Participatory Culture (Big Thinkers Serier) - youtube


0 komentar:

Posting Komentar